Tuesday, Jul 29, 2014
Login

Selama Lebaran, Puskesmas & RSUD di Jakarta Tetap Buka

Puskesmas Matraman. Istimewa

Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta memastikan, pelayanan kesehatan di ibu kota selama Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah tetap berjalan seperti biasa.  Selain itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga menyiapkan sebanyak 53 posko kesehatan untuk membantu pelayanan kesehatan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati mengatakan, meski Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa instansi lainnya libur saat Idul Fitri, namun hal itu tidak berlaku bagi pegawai kesehatan. Pelayanan kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit akan tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja, untuk pelayanan kesehatan di puskesmas kelurahan akan libur dua hari yakni pada 8-9 Agustus 2013.

“Pelayanan kesehatan di puskesmas kecamatan maupun RSUD di Jakarta akan tetap buka 24 jam. Tapi untuk puskesmas kelurahan libur dua hari yakni tanggal 8-9 Agustus pas hari Lebarannya,” ujar Dien, Minggu (28/7/2013) seperti dilansir beritajakarta.com

Dikatakan Dien, untuk tenaga medis yang berjaga, disesuaikan dengan keadaan. Namun, ada pengaturan, untuk tenaga medis muslim dan non muslim. Untuk yang muslim diberi kelonggaran saat Idul Fitri nanti. Begitupun dengan non muslim yang akan diberi kelonggaran saat merayakan hari besar keagamaanya.

“Yang muslim akan diatur jam masuknya, namun lebih banyak non muslim yang masuk saat hari Lebaran. Karena kita juga memberikan kesempatan untuk merayakan Idul Fitri,” ucapnya.

Selain itu, kata Dien, pelayanan kesehatan juga ditunjang dengan adanya rumah sakit milik pemerintah pusat dan swasta. Sebagian besar rumah sakit tetap buka dan melayani masyarakat. “Untuk rumah sakit swasta dan yang milik pemerintah sebagian juga akan tetap buka,” katanya.

Jumlah puskesmas di Jakarta saat ini sudah sangat memadai, yakni 295 puskesmas dan 44 puskesmas kecamatan. Bahkan untuk puskesmas kecamatan sudah beroperasi selama 24 jam. Selain itu, ada 7 RSUD yang juga siap melayani warga Jakarta. “Untuk RSUD dan poliklinik saat tanggal merah libur. Tetapi, untuk IGD akan tetap buka melayani yang membutuhkan,” ungkapnya.


Sumber: indonesiana.seruu.com

Leave a Reply


4 + = 13