Tuesday, Jul 29, 2014
Login

Apotek Instalasi Farmasi RSUD akan Dibangun

Direktur RS Puri Husada Tembilahan, dr.H.Irianto, SpPD

TEMBILAHAN (RP) – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada (PH) Tembilahan akan bangun apotek instalasi farmasi.

Keberadaan Apotek Instalasi Farmasi RSUD tersebut memang sangat diperlukan untuk memaksimalkan pelayanan terutama memberikan kemudahan di bidang farmasi kepada masyarakat.

‘’Dengan status BLUD yang telah kita sandang pada awal Januari lalu tentu kita akan berbenah diri menjadi lebih baik,’’ kata Direkturt RSUD PH Tembilahan, Irianto belum lama ini di Tembilahan.

Langkah positif yang akan diambil RSUD merupakan tujuan dari lahirnya BLUD. Di mana salah satu tujuannya selain melakukan pengelolaan keuangan, RSUD juga wajib meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Negeri Seribu Parit yang memerlukannya.

‘’Secara otomatis harapan kita, masyarakat akan dapat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan,’’ tuturnya.

Selama ini RSUD hanya memiliki dua apotek, yang salah satunaya dinamakan apotek pelengkap. Terkadang, ketersediaan obat di sana juga terbatas sehingga banyak keluarga pasien yang mencari obat ke luar apotek RSUD. Dengan demikian setelah berdirinya apotek tersebut hal itu tidak akan terjadi lagi.

Keterbatasan pelayanan selama ini menjadi sebuah pembelajaran bagi pihak RSUD sehingga tidak ada cara lain selain memperbaiki bentuk pelayanan kesehatan. Jika pelayanan meningkat maka sudah bisa dipastikan pendapatan RSUD juga akan meningkat.

Masih perlu adanya sebuah apotek yang benar-benar lengkap dari ketersediaan beragam obat, baik itu obat generik maupun obat-obat paten. ‘’Kita yakin jika semua ini terwujud berbagai bentuk keluhan yang mungkin selama ini sering terdengar ke depan tidak akan terjadi lagi,’’ imbuhnya.

Sumber: riaupos.co


Leave a Reply


+ 9 = 15