Saturday, Aug 23, 2014
Login

STANDAR 3: PREVENTING AND CONTROLLING HEALTHCARE ASSOCIATED INFECTIONS

Simbol dan warna:

Para pemimpin klinik dan manager senior di organisasi pelayanan kesehatan  mengimplementasikan sistem untuk mencegah dan mengelola infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan dan mengkomunikasikannya dengan seluruh staf untuk mencapai outcome yang tepat. Klinisi dan tenaga kesehatan lain menggunakan sistem pengendalian dan pencegahan infeksi terkait pelayanan kesehatan.

Maksud dari standar ini adalah untuk mencegah pasien dari mendapatkan infeksi terkait pelayanan kesehatan yang dapat dicegah dan secara efektif mengelola infeksi saat timbul dengan menggunakan strategi berbasis bukti.  Kriteria untuk mencapai standar ini adalah:

1. Governance and systems for infection prevention, control and surveillance

Dilaksanakannya dan dipeliharanya sistem manajemen dan governance yang efektif terhadap infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan

2. Infection prevention and control strategies

Dikembangkannya dan dilaksanakannya strategi untuk mencegah dan mengendalikan infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan.

3. Managing patient with infections or colonisations

Pasien yang datang dengan atau mendapatkan infeksi saat menjalani pearwatan di sarana pelayanan kesehatan diidentifikasi secara tepat waktu dan dikelola serta diberi penanganan yang tepat

4. Antimicrobial stewardship

Peresepan antimikrobial yang tepat dan aman merupakan tujuan stratejik dari sistem governance klinis

5. Cleaning, disinfection and sterilisation

Sarana pelayanan kesehatan dan lingkungan yang terkait bersih dan higienis. Pemrosesan ulang peralatan kesehatan dan alat kedokteran dilakukan dengan petunjuk (guideline) yang berdasarkan pada praktek-praktek terbaik (best practices)

6. Communicating with patients and carers

Informasi mengenai infeksi yang terkait dengan pelayanan kesehatan disediakan bagi pasien, pemberi layanan kesehatan, pengguna dan penyedia pelayanan kesehatan.

-

Pengantar 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10


Comments are closed.